Rabu, 13 Desember 2017

Hemat Energi Hemat Uang

E-mail Cetak PDF

(BeritaBangunan) Aktivitas berbelanja memang menyenangkan untuk sebagian orang. Bagi mereka kegiatan ini tidak ada urusannya dengan isi dompet, sedikit atau banyak, yang penting belanja. Padahal, secara tidak sadar, mereka telah membuang-buang uang pada hal-hal yang tidak diperlukan di rumah yang pada akhirnya akan merepotkan mereka juga. Untuk itu agar Anda tidak membuang duit pada hal-hal yang tidak berguna lebih baik perhatikan tips berikut ini. Selain dompet Anda aman, Anda juga bisa tinggal di rumah yang nyaman. 

Hemat energi

Musuh utama neraca keuangan bagi kebanyakkan orang adalah tagihan. Nafsu berbelanja kadang tidak terkontrol. Anda baru kaget ketika tagihan listrik membengkak. Di saat yang sama keuangan Anda menipis. Agar tak kaget ada banyak cara kecil yang bisa Anda lakukan di dalam penggunaan alat elektronik supaya angka-angka tagihan listrik tidak tinggi.

Pikirkan tentang hal-hal seperti rajin mematikan lampu dan mencabut peralatan elektronik yang tidak digunakan. Anda juga bisa mengurangi frekuensi membuka pintu kulkas bila tidak benar-benar memerlukannya.

Jika ingin mengurangi pemakaian listrik yang lebih besar lagi, pertimbangkan untuk memasang panel surya di atap rumah. Memang harga untuk pemasangan pertama kali tidak murah, tapi panel surya merupakan investasi besar dari waktu ke waktu.

Membeli barang yang sudah ada

Ini biasanya dialami oleh orang-orang yang gila belanja. Terkadang, Anda membeli baju baru karena berpikir bahwa pakaian tersebut akan digunakan pada kesempatan- kesempatan lain. Pada akhirnya, pakaian Anda menumpuk di lemari. Begitu juga untuk sepatu atau benda-benda lainnya yang jika tidak benar-benar Anda perlukan, hasilnya malah makin memenuhi rumah.

Cara menghentikannya, Anda hanya perlu menyadari penting atau tidaknya benda-benda sebelum Anda membeli.

Sisa makanan

Ketika Anda membuang-buang makanan, Anda tidak hanya membuang-buang uang tetapi juga waktu berbelanja. Mengapa? Jika Anda tidak memiliki daftar bahan-bahan makanan yang akan dibeli dan hanya mengingat-ingat saat di supermarket, Anda akan mendapatkan bahan makanan yang menumpuk di kulkas.

Saat tidak benar-benar digunakan, bahan-bahan makanan ini membusuk dan harus dibuang dari kulkas Anda.

Strateginya, Anda harus mengatur kulkas sebelum membuat daftar makanan yang perlu dibeli. Ketika melihat apa yang Anda miliki, dan makanan yang cenderung tidak diketahui atau tidak terpakai, kulkas akan minim pemeliharaan dari rutinitas mingguan Anda. (Kompas.com)

 



Kabarkan teman anda..
 

CetakCepat.Net @BeritaBangunan