Rabu, 13 Desember 2017

Pilih Tukang Borongan atau Harian?

E-mail Cetak PDF

(BeritaBangunan) Ketika membangun rumah baru atau merenovasinya, Anda mungkin pernah bingung antara memilih menyewa tukang yang bibayar secara borongan atau harian. Mengingat semakin tingginya upah tenaga kerja atau tukang saat ini Anda tentunya harus mempertimbangkan secara matang sebelum memilih borongan atau harian. Jika pekerjaan membangun rumah atau merenovasinya membutuhkan waktu yang lama, maka Anda jangan ragu-ragu untuk memilih borongan. Jasa tukang borongan dibagi dalam dua pola yakni borongan keseluruhan dan borongan sebagian. Borongan keseluruhan berarti dalam urusan pembelian bahan-bahan (material) bangunan, tenaga kerja dan proses pengerjaannya diserahkan semua kepada pemborong. Sedangkan borongan sebagian bila Anda hanya ingin menggunakan jasa tenaga, sehingga untuk urusan bahan-bahan bangunan Anda sendiri yang belanjakan, sementara proses pengerjaan diserahkan kepada pemborong.

Bila Anda menggunakan jasa tukang bangunan borongan keseluruhan, selain akan lebih cepat pengerjaannya, Anda pun tidak perlu merasa direpotkan untuk mengurusi proyek pembangunan rumah karena semuanya sudah diserahkan kepada pemborong. Selain itu waktu untuk menyelesaikan pekerjaan bisa lebih cepat karena pemborong ingin mengambil untung dari sisi waktu.

Adapun kerugian menggunakan jasa tukang bangunan borongan keseluruhan, jika jasa tukang borongan yang digunakan kurang profesional, maka bahan-bahan (material) yang dibeli bisa saja kurang memenuhi standar kualitas. Akan tetapi, hal ini bisa diakali dengan cara, misalnya Anda melakukan suatu perjanjian dengan tukang borongan agar material yang nantinya dibelikan harus sesuai dengan spesifikasi yang Anda inginkan.

Selain itu, kerugian lainnya adalah hasil pekerjaan biasanya kurang rapi lantaran mereka ingin buru-buru menyelesaikan proyeknya agar mereka bisa mendapatkan keuntungan sebesar-besarnya dari proyek yang dikerjakan.

Di sini pengawasan dari Anda sangat dibutuhkan. Teutama pada saat pengerjaan sedang berlangsung. Sama halnya dengan pengawasan dalam menggunakan jasa tukang harian, maka Anda yang mempunyai waktu luang, bisa terjun langsung ke lapangan dalam rangka mengawasi pengerjaan. Akan tetapi, bila Anda tidak mempunyai waktu luang, maka bisa menyewa seorang pengawas (supervisor) untuk melakukan pengawasan di lapangan.

Pengawasan sangat penting, mengingat rumah akan menjadi hunian Anda untuk jangka waktu yang lama.



Kabarkan teman anda..
 

CetakCepat.Net @BeritaBangunan