Rabu, 13 Desember 2017

Amankan Dinding Eksterior di Kala Hujan

E-mail Cetak PDF

(BeritaBangunan) Musim hujan telah tiba. Agar rumah Anda aman dari kerusakan, jagalah area di sekitar rumah yang mudah rusak karena terpaan air hujan. Salah satunya adalah dinding yang dilapisi cat. Jika tidak diantisipasi dengan baik, dinding akan mudah rusak. Air hujan yang mengandung asam tinggi dapat merusak bagian cat pada dinding rumah jika terkena secara terus menerus. Cat akan mudah mengelupas. Jika dinding dibiarkan lembab terus menerus akan membuat cat menjadi berjamur.

Simaklah beberapa tips berikut ini agar dinding rumah Anda aman selama musim hujan:

Gunakan cat khusus eksterior

Sebaiknya Anda memilih cat yang memang khusus untuk eksterior rumah, karena cat jenis ini memiliki daya tahan yang cukup bagus, bahkan ada beberapa produsen cat yang berani menjamin catnya tidak akan rusak dalam waktu 8 tahun.

Cat dinding sebelum musim hujan tiba

Jika Anda cat dinding rumah saat kondisi cuaca mendung atau habis hujan, dikhawatirkan akan ada air yang terperangkap di dalam dinding. Selain itu, sebelum mengecat brsihkan segala kotoran yang menempel pada tembok, tujuannya agar nanti cat dapat merekat dengan baik.

Lakukan pengecatan sesuai petunjuk

Agar mendapatkan hasil yang baik, Anda harus memperhatikan teknik pengecatan, caranya dengan memberikan lapisan tipis pada tembok sebagai lapisan dasar, kemudian menjelang kering dilapis lagi agar hasilnya sempurna. Atau Anda bisa juga mengikuti dengan seksama segala petunjuk yang tertera pada kemasan cat.

Periksa kelembaban dinding

Dinding yang lembab akan merusak cat rumah. Untuk itu periksalah dengan seksama dari mana sumber kelembaban. Mungkin ada rembesan air dari talang yang konstruksinya kurang baik. Jangan biarkan dinding Anda terlalu lama terkena rembesan air karena akan membuat bercak seperti ompol pada cat rumah, bahkan akan membuat cat mengelupas.




Kabarkan teman anda..
 

CetakCepat.Net @BeritaBangunan