Kamis, 14 Desember 2017

7 Keajaiban Dunia Terkemuka Zaman Kuno

E-mail Cetak PDF

(BeritaBangunan) Daftar resmi 7 keajaiban dunia kuno disusun pada Abad Pertengahan, setelah sebagian dari 7 keajaiban telah digulingkan. Hanya Piramida Besar di Giza yang bias bertahan. Keajaiban dunia kuno disebutkan pertama oleh sejarawan Herodotus dan kemudian diikuti Callimachus, pustakawan di Alexandria.

Pada sekitar 140 SM penulis Yunani Antipater dari Sidon menulis sebuah puisi daftar tujuh keajaiban, yang merupakan klaim utama Antipater menuju ketenaran.

Daftar ini dalam urutan kronologis ketika struktur dibangun.

1. Piramida Agung Giza
Great Pyramid of Giza, di Mesir, dibangun sekitar 2650-2500 SM. Yang tertua dari 7 keajaiban dan satu-satunya yang masih dapat bertahan, piramida dibangun untuk Firaun Khufu dari dinasti Mesir ke-4.

2. Taman Gantung Babilonia
Taman Gantung Babilonia diciptakan sekitar 600 SM (jika mereka pernah ada). Taman-taman gantung Babel hancur sesaat setelah abad ke-1 SM, barangkali oleh gempa.

3. Kuil Artemis di Efesus
Patung Artemis dan candi-nya di Efesus dibangun sekitar 550 SM. Kuil Artemis sengaja dibakar oleh Herostratus dalam upaya untuk mendapatkan ketenaran pada 356 SM yang kemungkinan terjadi ketika Alexander Agung dilahirkan.

4. Patung Zeus di Olympia
Patung Zeus di Olympia dibangun sekitar 435 SM. Mengalami musibah kebakaran pada abada kelima atau keenam Masehi

5. Makam Halicarnassus
Makam Halicarnassus ditugaskan untuk Mausolus oleh istrinya Artemisia dan selesai sekitar 350 SM. Landmark ini dihancurkan oleh gempa bumi di abad ke-14, namun beberapa ornamennya berada di British Museum.

6. Colossus Rodos
Colossus Rhodes dibangun sekitar 292-280 SM. Namun dihancurkan oleh gempa bumi di 225 membuat Colossus Rhodes menjadi yang terpendek waktunya dari semua 7 keajaiban. Patung ini adalah dewa Helios.

7. Mercusuar Pharos di Alexandria
Mercusuar Pharos didirikan sekitar 270 SM. Mercusuar di pelabuhan Alexandria berdiri sampai abad ke-14 ketika gempa bumi menghancurkannya. Pada tahun 1994 arkeolog menemukan blok yang diyakini menjadi bagian dari mercusuar.

 

 



Kabarkan teman anda..
 

CetakCepat.Net @BeritaBangunan