Rabu, 13 Desember 2017

Atasi Banjir, Belajar dari Hamburg

E-mail Cetak PDF

(BeritaBangunan) Kota padat penduduk seperti Jakarta yang memiiki garis pantai rawan dari ancaman banjir rob yang disebabkan oleh tingginya permukaan air laut. Untuk mengatasi masalah tersebut, biasanya akan dibangun tanggul di sepanjang garis pantai. Sebagai salah satu kota yang memiliki permasalahan dengan banjir rob Hamburg memiliki cara penyelesaiannya sendiri. Hamburg menciptakan konsep kawasan ramah lingkungan HafenCity. Berkat ide ini HafenCity menjadi kawasan yang nyaman bagi 2.000 warganya.

Kawasan HafenCity memiliki kebijakan yang ketat terhadap perkembangan baru. HafenCity mengharuskan penduduknya untuk mematuhi Gold Standard, atau setara persyaratan LEED Platinum.

Sebanyak 92 persen dari energi berasal dari sumber daya energi baru terbarukan dan hanya 25 persen transportasi dengan menggunakan mobil. Banyaknya jalan berkelok-kelok membuat warganya mau berjalan kaki ke tujuan mereka.

Selain ada kereta bawah tanah, kawasan ini menerapkan program warganya agar tidak malu menumpang atau berada di dalam satu mobil, kendaraan listrik di kawasan ini juga melimpah.

Kawasan ini tidak terletak di kawasan yang lebih menjorok ke dalam seperti layaknya suatu kota, namun justru terletak di atas pulau dengan hanya berjarak 4,5 atau 5 meter di atas permukaan laut.

Kawasan yang digunakan untuk pelabuhan industri ini sekarang sudah berdiri megah yang dihuni ribuan rumah warga, apartemen bertenaga surya, dan untuk hiburan pengunjung disediakan ruang komersial di "the new downtown" Hamburg.

Solusi kawasan ini agar terhindar dari naiknya permukaan air laut cukup sederhana, yakni hanya membangun ruang komersial pada tingkat pertama bangunan dan memasang sebuah pintu kuat untuk benar-benar menutup toko saat banjir meningkat.

Tempat perbelanjaan dan ruang pameran menempatkan seseorang yang ditunjuk bertugas untuk menutup pintu-pintu ini selama permukaan air laut naik.

Dengan demikian, warga bisa tinggal dengan aman di atas air dan di gedung-gedung yang dibangun di atas 8-9 kaki dan di atas tanah lebih tinggi dari balkon. Adapun solusi ini telah mampu menghemat uang untuk tanggul penahan banjir yang memakan biaya sangat mahal.



Kabarkan teman anda..
 

CetakCepat.Net @BeritaBangunan