Rabu, 13 Desember 2017

Penjualan Semen Indonesia November Tumbuh 26%

E-mail Cetak PDF

(BeritaBangunan) Penjualan semen domestik Indonesia, yang termasuk indikator utama pertumbuhan ekonomi dari sisi infrastruktur, naik 26% pada November dari periode yang sama tahun lalu, menurut data dari Asosiasi Semen Indonesia (ASI) pada Senin kemarin.

Volume penjualan mencapai 4,4 juta ton, dibandingkan dengan 3,5 juta ton pada November 2010. Tapi penjualan turun 4,7% pada November dari 4,7 juta ton pada Oktober.

Asosiasi ini melihat total penjualan domestik akan mencapai sekitar 45-46 juta ton pada 2011, naik 15% dari tahun lalu, ujar ketua ASI Urip Trimuryono, seperti yang dikutip Reuters.

Penjualan semen Indonesia berfluktuasi dari bulan ke bulan tergantung pada berbagai faktor termasuk hari libur keagamaan, yang dapat menunda konstruksi, dan tenggat waktu akhir tahun penyelesaian proyek pemerintah.

Faktor yang terakhir disebutkan itu dapat menggelembungkan angka untuk November dan Desember dibandingkan dengan bulan-bulan lainnya.

DPR baru saja mensahkan di Jumat lalu RUU pembebasan tanah yang telah lama ditunggu-tunggu, sebuah usaha untuk memecahkan hambatan dalam pembangunan infrastruktur yang telah lama dilihat menahan laju pertumbuhan.

Bank Indonesia mempertahankan suku bunga acuan Desember tidak berubah, namun memangkas suku bunga 75 basis poin menjadi 6% ke rekor terendah dalam dua bulan terakhir untuk melindungi ekonomi dari perlambatan global.

Tahun lalu Indonesia memproduksi 39,5 juta ton semen, sekitar tiga perempat dari total kapasitas produksi 53 juta ton, menurut data dari ASI.

 



Kabarkan teman anda..
 

CetakCepat.Net @BeritaBangunan