Minggu, 25 Februari 2018

Lantai Kayu: Membersihkannya Jangan Asal

E-mail Cetak PDF

(BeritaBangunan) Lantai kayu baik yang terbuat dari kayu maupun bambu terutama yang diberi lilin supaya mengkilap atau lapisan urethane agar memiliki permukaan reflektif yang halus memiliki cara tersendiri dalam membersihkannya.

Mengingat lantai jenis ini nilai investasinya tidak sedikit maka Anda benar-benar harus belajar bagaimana cara untuk menjaga dan melindunginya dari kotoran, kerusakan dan lain-lain. Seperti kayu pada umummnya, lantai kayu pun tidak tahan terhadap air sehingga Anda harus menjaganya dari  air baik air yang Anda minim maupun air yang Anda pakai untuk mengepel dan membersihkan lantai tersebut.

Saat membersihkan lantai kayu sebaiknya Anda hanya menggunakan pembersih khusus dan deterjen netral, tetapi tidak pemoles.

Lantai kayu harus dilindungi dengan tikar dan karpet terutama di daerah berlalulintas tinggi dan  penggunaan yang konstan. Sepatu terutama dengan tumit dan cleat harus ditinggalkan di ambang pintu. Untuk mencegah goresan, furnitur harus dipindahkan dengan benar, baik diangkat atau dengan penyebaran karpet di bawahnya untuk perlindungan.

Untuk mencegah pembengkakan dan retak Anda harus menghapus secara menyeluruh setiap tumpahan air. Menyapu atau vakum lantai secara teratur untuk menghilangkan kotoran dan debu. Ambil setiap puing atau batu kecil yang mungkin telah terjebak dalam sol sepatu Anda karena mungkin akan jatuh dan menggores lantai saat Anda akan mengepel atau menyapunya. Jangan gunakan lilin atau berbasis minyak pembersih, cuka atau pembersih amonia. Setiap pembersih minyak atau asam-based akan membuat lapisan lantai terlihat kusam dan bahkan dapat menyebabkan kerusakan itu.

Lantai kayu bereaksi terhadap tingkat suhu dan kelembaban jadi pastikan untuk menggunakan humidifier di musim dingin karena pemanasan menyebabkan kayu menyusut dan melindungi lantai dari sinar matahari langsung di musim panas. Jika kelembaban di musim panas terlalu tinggi ventilasi dan dehumidifying diperlukan.

Gunakan pel basah untuk menghindari kelebihan air. Sedikit air yang Anda gunakan baik untuk lantai kayu. Anda juga dapat menyemprotkan pembersih di lantai atau pel terry kain dan menghapusnya. Pastikan pel yang bersih sebelum Anda mulai pembersihan. Dengan cara ini, lantai kayu yang tinggi investasinya akan melayani Anda untuk waktu yang lama.

 



Kabarkan teman anda..
 

CetakCepat.Net @BeritaBangunan