Kamis, 14 Desember 2017

Cara Hilangkan Bercak pada Plafon Gipsum

E-mail Cetak PDF

(BeritaBangunan) Sampai saat ini gipsum yang fleksibel dalam desain bentuk dan pewarnaan masih menjadi material unggulan. Jika ada bercak pada gipsum yang biasanya terjadi pada musim hujan karena bocornya atap, Anda dapat melakukan perbaikan sendiri.

Proses perbaikan plafon gipsum sangat mudah dan dapat dilakukan oleh siapapun dalam waktu yang tidak lama.

Langkah-langkahnya sebagai berikut:

Pertama, siapkan material yang diperlukan, yaitu potongan papan gipsum. Usahakan ukurannya lebih besar dari kerusakan. Kemudian, buatlah potongan itu menjadi bentuk persegi agar mudah dipotong. Siapkan juga potongan rangka metal atau penggaris metal untuk membantu proses pemotongan plafon, compound, paper tape, ampelas, gergaji, cutter, dan cat.

Kedua, cek kerusakan plafon. Lalu, gambar potongan gipsum berbentuk persegi di sekeliling kerusakan. Buat juga garis diagonal yang menghubungkan keempat titik persegi tersebut. Setelah itu, potong garis diagonal menggunakan gergaji, dan potong dengan cutter pada sisi persegi. Selanjutnya, bongkar potongan tersebut dengan cara mendorongnya ke dalam.

Ketiga, campur dan aduklah kompon dengan air hingga berbentuk pasta. Aplikasikan pasta tersebut sebagai perekat. Rekatkan potongan papan pada keempat sisi lubang yang akan Anda perbaiki, dan biarkan mengering.

Selanjutnya, berikan kompon pada papan gipsum baru. Oleskan di keempat sisi papan gipsum. Pasang papan tersebut, tekan hingga benar-benar rata. Keempat, oleskan kompon pada permukaan, dan berikan paper tape untuk memperkuatnya. Lalukan pengomponan hingga benar-benar rata dan biarkan selama 24 jam.

Kelima, ampelas dengan menggunakan ampelas 125 hingga 150 grid. Sebagai tahap terakhir, kini Anda sudah memulai proses pengecatan kembali.(Kompas.com)



Kabarkan teman anda..
 

CetakCepat.Net @BeritaBangunan