Rabu, 13 Desember 2017

Gaya Arsitektur Neoklasik

E-mail Cetak PDF

(BeritaBangunan) Arsitektur neoklasik, atau klasik "baru", menggambarkan sebuah bangunan yang terinspirasi oleh arsitektur klasik Yunani dan Roma kuno. Jika Anda melihat dengan seksama pada sebuah bangunan neoklasik Anda dapat melihat pengaruh kuat dari Parthenon di Athena atau Pantheon di Roma.

Gedung-gedung neoklasik memiliki banyak (meskipun tidak selalu semua) fitur atau cirri-ciri ini:
- Bentuk simetris
- Tiang tinggi kolom yang menjulang sampai atap bangunan
- Pedimen segitiga
- Atap berkubah

Permulaan arsitektur neoklasik
Pada tahun 1563, arsitek Renaissance Giacomo da Vignola membeberkan prinsip-prinsip arsitektur klasik di sebuah risalah berjudul The Five Orders of Architecture. Beberapa tahun kemudian, arsitek Renaissance lainnya, Andrea Palladio, menggambarkan pendekatan miliknya sendiri untuk arsitektur Klasik di The Four Books of Architecture.

Buku-buku ini secara luas diterjemahkan dan menginspirasi pembangun diseluruh Eropa barat. Pada tahun 1700, arsitek Eropa berpaling dari gaya rumit Baroque dan Rococo dam lebih memilih pendekatan neoklasik terkendali. Pada akhir 1700-an dan awal 1800-an, Amerika Serikat yang baru terbentuk juga menggunakan gaya-gaya klasik untuk membangun gedung-gedung pemerintahan yang megah dan rumah-rumah pribadi dengan ukuran lebih kecil.

Bangunan neoklasik terkenal di AS:
- The US Capitol
- Gedung Putih
- Jefferson Monticello
- Gedung Mahkamah Agung AS

 



Kabarkan teman anda..
 

CetakCepat.Net @BeritaBangunan