Rabu, 13 Desember 2017

Atasi Gaung & Gema, Begini Caranya!

E-mail Cetak PDF

(BeritaBangunan) Sekarang ini sudah banyak tersedia perangkat audio visual yang membuat Anda menonton film di rumah layaknya di bioskop. Namun untuk bisa merealisasikannya Anda perlu menata ruangan agar kedap suara. Lalu Apa yang mesti dibuat agar pantulan dapat dicegah?

Anda harus memperhatikan kemungkinan pantulan yang muncul dari dinding. Ruangan harus berakustik baik agar Anda bisa menikmati sajian audio yang baik. Jika suara yang dihasilkan oleh perangkat elektronik atau perangkat penghasil suara terpantul Anda tentu mersakan ketidaknyamanan pada pendengaran anda.

Pantulan suara bisa berupa gaung dan gema. Gema adalah pantulan suara sempurna, namun tidak didengar bersamaan dengan sumber suara. Gaung adalah pantulan suara yang tidak utuh, namun terdengar hampir bersamaan dengan sumber suara. Tapi keduanya sama-sama mengganggu telinga Anda karena telinga manusia tidak dapat membedakan gema dengan suara asli jika jeda waktu lebih kecil dari 1/10 detik.

Untuk mengatasi gema dan gaung yang tidak diingini ini ada dua cara. Pertama, menyerap pantulan yang mengganggu, yakni dengan menempatkan material yang menyerap suara. Biasanya material yang digunakan adalah yang berbahan fabric. Kedua, menyebar suara dengan diffuser. Difusser bisa berupa bidang-bidang masif yang bisa memantulkan suara namun dibentuk sedemikian rupa agar arah pantul suara sesuai dengan keinginan Anda.

Perhatikan gedung teater atau konser, sumber suara bisa didengar dengan baik dari sudut mana saja, tanpa harus menggunakan pengeras suara. Hal ini bisa terjadi karena gelombang suara asal dipantulkan dengan baik oleh material akustik di area panggung, dan diserap dan diarahkan dengan baik pula oleh material dinding di area penonton.



Kabarkan teman anda..
 

CetakCepat.Net @BeritaBangunan