Rabu, 13 Desember 2017

Sebelum Saluran Tersumbat, Lakukan Ini!

E-mail Cetak PDF

(BeritaBangunan) Di suatu waktu Anda mungkin pernah mengalami permasalahan dengan drainase di rumah Anda. Mungkin tiba-tiba air buangan dari wastafel Anda tidak bisa mengalir. Atau kamar mandi Anda tiba-tiba tergenang ketika Anda melakukan aktivitas mandi.

Memang, yang namanya floor drain, entah di kamar mandi, tempat cuci, atau carport, sewaktu-waktu bisa bermasalah. Dan permasalahannya sama. Aliran air tidak lancar. Umumnya permasalah ini timbul karena saluran air yang kotor atau adanya limbah padat yang menghambat jalannya air.

Untuk mengatasi permasalahan seperti ini yang paling utama dilakukan adalah membersihkan kotoran-kotoran padat dari saluran. Lakukan pekerjaan ini secara rutin sebagai bagian dari perawatan instalasi air buangan.

Perawatan yang teratur akan membuat saluran bersih dan Anda pun terhindar dari masalah sumbatan pada saluran. Percayalah bahwa lebih baik menjaga daripada memperbaiki.

Agar floor drain selalu bersih, jangan membuang kotoran terutama yang sifatnya padat ke dalam saluran. Jika terlanjur ada kotoran segeralah dibersihkan dan dibuang di tempat sampah. Sebaiknya Anda memasang saringan dan bersihkan secara teratur agar air buangan lancar mengalir.

Biasanya, kotoran di sekitar saringan hanya berupa lumut, rambut, atau potongan sabun. Bersihkan kotoran ini lalu sikat saringnan agar lumut tidak lagi menempel. Untuk perawatan, Anda bisa menggunakan cairan penghilang sumbatan.

Gunakan cairan pembersih yang aman untuk pipa. Hindari pemakaian berlebih agar pipa saluran tidak mudah rusak. Karena kalau pipa yang rusak, bisa fatal. Anda harus menggantinya dengan pipa baru.



Kabarkan teman anda..
 

CetakCepat.Net @BeritaBangunan