Rabu, 13 Desember 2017

Rumah Tsunami

E-mail Cetak PDF

(BeritaBangunan) Bencana demi bencana terus menerjang planet bumi. Teranyar, badai dan suhu esktrem menyerang beberapa wilayah di dunia, termasuk Indonesia. Semaknin dahsyat bencana, manusia pun tak mau kalah berkreasi untuk menghindari bencana. 

Salah satu desainer Amerika telah menciptakan sebuah rumah dengan konsep yang memungkinkan air mengalir tanpa menghantam rumah. Konsep tersebut dibuat dalam upaya melindungi warga dari ancaman bencara terutama tsunami.

Dan Nelson dari firma desain Arsitek Northwest adalah si perancang. Ia merancang rumah yang dijuluki dengan Rumah Tsunami, rangka baja, tulang beton. Terletak di ujung pulau, rumah tersebut berdiri di sekitar 9 meter atau 30 kaki dan dapat menahan dampak gelombang dengan ketinggian hingga 2,4 meter (8 kaki) serta gempa berkekuatan 7,8 skala dan tiupan angin lateran hingga 85 mph.

Nelson mengklaim, rumah ini tergolong kuat karena dua lantai utama rumah itu terletak 2,7 meter atau (9 kaki) di atas tanah. Pondasinya ditopang oleh rangka baja dan pilar beton yang ditempatkan secara strategis.

Adapun kesenjangan antara kolom diisi dengan pintu geser dari kaca bening dan dirancang untuk memecahkan dengan mudah air air yang dibawa oleh banjir. Hal ini akan memungkinkan air mengalir melalui ruang bawah dan keluar dari sisi berlawanan sehingga mengurangi tekanan pada kolom.

Sementara itu, lantai dasarnya, yang dikenal sebagai 'ruang banjir', terasa seperti sebuah kamar biasa daripada ruang khusus. Hal ini terlihat seperti ruang-ruang di rumah biasa, padahal setiap item di dalamnya dirancang untuk tahan air sehingga tidak akan hancur oleh banjir.

"Jika bangunan itu dinding yang kokoh bukan berupa kolom diisi dengan pintu kaca, semuanya bisa runtuh dihantam gelombang," papar Nelson kepada Smithsonian Magazine.

"Kami memilih material ini agar memungkinkan bangunan untuk tetap utuh," tambahnya.

Seperti diketahui, Western Washington terletak di atas 680 mil zona subduksi Cascadia. Ini merupakan salah satu sesar aktif terbesar di belahan bumi Amerika Utara.(kompas.com)



Kabarkan teman anda..
 

CetakCepat.Net @BeritaBangunan