Minggu, 25 Februari 2018

Tips Ini, Rumah Sempit Jadi Luas

E-mail Cetak PDF

(BeritaBangunan) Tinggal di daerah urban seperti Jabodetabek, jika Anda mendapatkan sebuah rumah tentu sangat mengembirakan. Apalagi rumah yang didapat itu berkat kerja keras dan hasil perjuangan Anda yang tidak sedikit. Meski di daerah urban ada kecenderungan rumah dan lahan yang bisa Anda dapatkan terbilang sempit atau kurang luas, Anda tidak perlu berkecil hati. 

Karena, sesungguhnya, rumah dengan ukuran relative kecil di area terbatas bisa Anda siasati. Lahan terbatas, kapling yang berdempetan dengan tetangga, garis sepadan bangunan sempit dan berbagai permasalahan lain, itu biasa di perkotaan.

Sebagai pemilik rumah Anda harus benar-benar tahu tentang segala kebutuhan Anda sebagai pemilik rumah agar pengolahan lahan sempit bisa Anda optimalkan.

Dengan kepadatan aktivitas Anda sebagai pemilik rumah maka ada baiknya rancangan rumah dititikberatkan ke arah vertikal dengan permainan ketinggian lantai yang disebut split level.

Rancangan bisa juga diarahkan ke  ruang keluarga yang menyatu dengan ruang makan  dan berhubungan dengan dapur. Keterhubungan ruang-ruang tersebut juga sebagai kiat agar beragam fungsi ruang dapat digabung menjadi satu.

Gaya yang tepat untuk rumah semacam ini adalah gaya eklektik yang cenderung modern karena gaya ini dipandang lebih adaptif terhadap sempitnya lahan sehingga tidak terlalu berkesan berat, juga tidak terlalu ringan seperti rancangan minimalis.

Penggunaan kayu juga lebih didominasi dengan ragam tekstur  sehingga menciptakan kehangatan. Penciptaan bukaan-bukaan yang lebar juga sangat diperlukan di sini agar udara segar tetap mengalir lancar ke dalam rumah.



Kabarkan teman anda..
 

CetakCepat.Net @BeritaBangunan